1.Latar Belakang dan Ruang
Lingkup
·
Latar belakang diberikannya mata kuliah ISD di perguruan
tinggi, karena :
a.
Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan
di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau
kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya
bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi
birokrasi mereka.
b.
Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi –
dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah –
olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
· Ruang
lingkup Materi ISD (Ilmu Sosial Dasar)
a. Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam
masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para
ahli ilmu sosial. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau
sudut pandangnya
b. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian
tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer
saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
1) Persamaan
dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku
baik secara individual maupu kelompok.
baik secara individual maupu kelompok.
2) Persamaan
dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c. Masalah-masalah
social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan
social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
2.Tujuan
tujuan diselenggarakannya mata kuliah
ilmu sosial dasar ialah pembentukan dan pengembangan agar dalam kepribadian
seseorang memiliki perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran
mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan di teknik mesin,
khususnya gejala yang berkenaan dengan rekan kerja, atasan, costumer serta
masyarakat sekitar agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan
lingkungan sosial dapat dipertajam.
3.Masalah – Masalah Sosial
Ada 2 masalah
yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata
kuliah isd.
a.
berbagai aspek yang
merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri
atau pendekatan gabungan antar bidang.
b. adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial
lain dalam masyarakat.
Masalah
sosial timbul sebagai akibat dari hubungan dengan sesama manusia dan akibat
tingkah lakunya. Masalah sosial ini tidaklah sama antara masyarakat yng satu
dengan masyarakat yang lain, karena adanya perbedaan dalam tingkat perkembangan
kebudayaan, sifat kependudukannya dan keadaan lingkungan alamnya.
Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga
yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah,
organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Contohnya antara lain:
· Kejahatan
· Penyalahgunaan pemakaian mesin
untuk membuat senjata api
· Penyalahgunaan pemakaian mesin
untuk membuat senjata tajam
· penipuan produk yang ingin
dipasarkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar