Tugas :
Teknologi Informasi dan Multimedia
Judul :
Multimedia Pembelajaran
Teknologi Multimedia
Secara ringkas, Vaughan (2004) mengatakan bahwa teknologi multimedia
merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun
perangkat lunak dengan teknologi elektronik lainnya untuk menyampaikan suatu
informasi yang interaktif. Perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia
banyak digunakan hampir di seluruh aspek kegiatan. Contoh media penyampai
informasi adalah teks, gambar foto, video, musik, animasi (gambar bergerak),
ataupun internet.
Teknologi multimedia dapat menggabungkan beberapa media penyampai
informasi, misalnya menggabungkan gambar dengan suara, atau dengan data lainnya
dalam satu media. Penggabungan ini menghasilkan sebuah sistem multimedia
sehingga penyampaian informasi lebih menarik dan interaktif daripada
menggunakan satu media saja. Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut:
Sutopo (2003), menyampaikan bahwa teknologi multimedia dapat
diimplementasikan di berbagai macam bidang pekerjaan, tergantung kreatifitas
untuk mengembangkannya. Kategori aplikasi dengan teknologi multimedia dapat
dibagi menjadi :
1.
Presentasi bisnis
2.
Pembelajaran
3. Promosi
dan penjualan
4.
Information delivery
5.
Teleconferencing
6.
Productivity
7. Film
8. Virtual
reality
9.
Aplikasi web
10. Game
Contoh Teknologi Multimedia
1. CAI
Pemanfaatan komputer dalam pendidikan dikenal
sebagai pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI). CAI (Computer Assisted
Instruction) adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis
mikroposesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem
tersebut. Dalam mode ini, computer bisa
menampilkan pembelajaran, menggunakan
berbagai jenis media (teks, gambar, suara, video), menyediakan aktivitas dan suasana p
embelajaran, kuis atau dengan meny ediakan interaksi dari siswa,mengevaluasi
jawaban siswa, menyediakan umpan balik
dan menentukan aktivitas tindak lanjut yang sesuai sehingga siswa dapat
berinteraksi secara aktif.
Menurut Alessi (1985: 120) bahwa program CAI yang baik haruslah meliputi
empat aktivitas:
a.
informasi harus diberikan atau ketrampilan (skill) diberikan model
b. siswa
harus diarahkan
c. siswa
diberi latihan-latihan
d.
pencapaian belajar siswa harus dinilai.
Beberapa aspek yang perlu ada dalam program CAI
adalah:
a. Umpan
balik yang segera (Chanond, 1988: 15)
b.
Interaksi antara siswa dan program (Gagne, 1981: 17)
c.
Pendahuluan dan tujuan yang jelas (Kozma, 1982: 261)
d. Contoh
dan demonstrasi (Emmer & Sanford, 1981: 50)
e.
Petunjuk yang jelas dan tugas-tugas (Lilie dkk, 1989: 67).
Tipe-Tipe CAI
Ada lima tipe CAI yang sering dipergunakan (
Patterson, Strickland, 1986) yaitu :
a. Drill and Practice (Latihan dan Praktek)
Tipe Drill and Practice menyajikan materi
pelajaran untuk dipelajari secara berulang. Tipe program ini adalah cocok
dipergunakan sewaktu pengajar menyajikan latihan soal dengan disertai umpan
balik. Tipe perangkat lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah
pelajaran pada bidang matematika atau faktual. Selama pelaksanaan
latihan-latihan soal pada Drill and Practice, komputer dapat menyimpan jawaban
yang salah, laporan nilai, contoh jawaban yang salah dan pengulangan dengan
contoh-contoh masalah yang telah dijawab secara tidak benar.
b. Tutorial
Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang telah
diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini
memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari
ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada. Tutorial yang
baik adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya
atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk
menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita
perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi
juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini
menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai kemampuan
untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi
yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru.
c. Simulation (simulasi)
Tipe simulasi memberikan kesempatan untuk menguji
kemampuan pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan
siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk
mengajar pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan
pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat memberikan
suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin dapat dilakukan di
ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada lingkungan sebenarnya.
d. Problem
Solving (Memecahkan Masalah)
Tipe Problem Solving menyajikan masalah-masalah
untuk siswa untuk menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka
peroleh. Program ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah,
analisis akhir, mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Program ini akan
membantu siswa untuk menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah
mereka.
e. Instructional/ Educational Games
Tipe Instructional atau Educational Games
merupakan program yang menciptakan kemampuan pada lingkungan permainan.
Permainan diberikan sebagai alat untuk memotivasi dan membuat siswa untuk
melalui prosedur permainan secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka.
2. CAL
CAL adalah (Client Access License) : CAL
digunakan untuk Internal User
ada 2
jenis user
- Internal
User : User yang akses dari LAN dan WAN (jaringan perusahaan)
- External
User : User yang akses dari Internet (dari luar)
Internal
user >> menggunakan CAL External user >> menggunakan External
Connector
1 lisensi
server >> 1 server (physical atau
virtual server)
CAL
diberikan kepadan SEMUA Internal User/Client :
Baik
secara langsung maupun tidak langsung akses ke server.
Bahasa
kasarnya CAL diperuntukan kepada semua PENIKMAT service dan layanan Microsoft.
CAL ada 2
tipe :
device CAL : Untuk pembelian Device CAL, anda
menghitung jumlah Device yang akan melakukan koneksi ke server yang anda
miliki.
user CAL : Untuk pembelian User CAL, anda
menghitung jumlah User yang akan melakukan koneksi ke server yang anda miliki.
Anda dapat
memilih salah satu dari tipe tersebut disesuaikan dengan kebutuhan.
Ingat CAL
dihitung secara langsung atau tidak langsung akses ke server.
Perhatikan
baik-baik :
setiap
client atau user dari grafik di bawah ini harus memiliki :
1. CAL
Windows Server user
2. CAL
Sharepoint
3. CAL SQL
Server
3. Virtual Phone
teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan
suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang
mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah
terlibat secara fisik.
Sistem seperti ini dapat digunakan untuk
perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan
aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat
meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum
melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
Untuk
mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan
peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.
Cara kerja virtual reality system (phone) pada
prinsipnya adalah seperti berikut:
⦁ Pemakai melihat suatu dunia semu, yang
sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
⦁ Melalui perangkat headphone atau speaker,
pemakai dapat mendengar suara yang realities.
⦁ Melalui headset, glove, dan walker, semua
gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai
sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik
secara fisik maupun psikologis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar